Halaman

Sabtu, 31 Agustus 2013

Dasar-dasar Komunikasi Pemasaran

Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication) adalah Sarana dimana pihak perusahaan mencari cara agar mereka bisa menarik perhatian para konsumen terhadap produk yang mereka jual.

  •  Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli
Menurut Philip Kotller (2002 : 9) : marketing is a social and managerial process and by which individuals and group obtain what they need and want through creating offering, and freely axchanging product and service of value with other.

Menurut Kotller (2005:249) bauran komunikasi pemasaran menggabungkan penggabungan dari 5 model komunikasi dalam pemasaran:
- Iklan
- Promosi penjualan
- Humas dan pemberitaan
- Penjualan pribadi
- Pemasaran langsung dan interaktif

  •  Proses Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan yang berbentuk informasi atau gagasan pengirim melalui suatu media kepada pihak penerima agar dapar memahami maksud atau tujuan pengirim.

3 unsur pokok struktur proses komunikasi :
- Pelaku komunikasi
- Material komunikasi
- Proses komunikasi

  •  Tujuan Komunikasi

  1.  Menginformasikan (komunikasi informatif)
  2.  Mempengaruhi (komunikasi persuasif)
  3.  Mengingatkan (komunikasi mengingatkan kembali)

  •  Sasaran
   -Pasar pribadi
   -Organisasi
   -Masyarakat umum yang berperan sebagai : 
     - Pemberi informasi (initiator)
     - Pengaruh (influencer)
     - Pengambil keputusan (decider)
     - Pelaku pembeli (purchaser)
     - Pemakai produk (user) pada proses pembeliannya

  •  Media Komunikasi
Terdiri dari media personal dan nonpersonal :
  - Personal : Konsultan, Tenaga ahli profesi, atau Masyarakat umum
  - Non Personal : Media massa (radio, tv, koran), outdoor (billboard, baliho, poster), media baru
 (facebook, twitter, blog)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar