Pengertian marketing / pemasaran
Hal utama yang
menjadi dasar pemasaran bagi perusahaan adalah karena produk yang dihasilkan
tidak bisa mencari konsumennya sendiri.
Jadi pengertian pemasaran adalah dimana pihak perusahaan membuat
suatu produk yang bertujuan memenuhi
kebutuhan konsumen dengan cara mempromosikan produk yang telah dibuat dan pihak
perusahaan telah menentukan harga dan bagaimana cara pendistribusian produk
akan dilaksanakan.
Strategi pemasaran
Istilah strategi pemasaran dapat dirumuskan sebagai suatu
tindakan penyesuaian untuk mengadakan reaksi terhadap situasi lingkungan
tertentu (baru dan khas) yang dianggap penting, tindakan tersebut dilakukan
secara sabar dan berdasarkan pertimbangan yang wajar
Perencanaan strategi pemasaran terdiri dari :
a. Pembagian
wewewang kerja beserta tanggung jawab masing-masing
- Berkatian
dengan siapa yang merencanakan dan siapa yang melaksanakan
b. Lokasi
kegiatan
- Berkaitan
dengan dimana jenis usaha atau bidang usaha dilaksanakan
c. Waktu
- Berkaitan
dengan unsur kapan dalam penentuan suatu kebijakan
d. Pelaksanaan
tindakan yang terperinci
- Berkaitan
dengan bagaimana penjabaran dari tindakan yang akan dilaksanakan
Konsep Strategi Pemasaran
1. Product,
yaitu bagaimana karakteristik dan ciri suatu produk ditetapkan.
2. Promotion,
yaitu bagaimana koordinasi cara promosi digunakan.
3. Price,
yaitu bagaimana kebijaksanaan penetapan harga yang telah diputuskan.
4. Place,
yaitu bagaimana cara pendistribusian produk dilaksanakan.
Cara pendekatan strategi pemasaran
1. Pendekatan
strategi pemasaran yang berhubungan dengan faktor eksternal yang sangat
bergantung pada penekanannya
·
Penekanan pada faktor konsumen
·
Penekanan pada struktur persaingan
·
Penekanan pada situasi pasar
2. Pendekatan
strategi pemasaran yang berhubungan dengan tujuan perusahaan. Hal ini dapat
dicapai dengan penekanan biaya atau memperbesar hasil penjualan (omset).
·
Pendekatan pada penekanan biaya dapat dilakukan
melalui 2 hal yaitu :
1. Mencoba
menggarapkan teknik produksi baru yang dapat menghemat biaya
2. Menggabungkan
beberapa segmen pasar
·
Pendekatan pada memperbesar hasil penjualan,
dapat dilakukan dengan cara memperbesar volume penjualan sedangkan harga tidak
berubah
3. Pendekatan
strategi pemasaran yang bersifat menyeluruh
Pendekatan daya tarik pasar
atau posisi usaha merupakan penggabungan berbagai macam faktor didalam suatu
kerangka pemikiran.
Fungsi pemasaran
1. Fungsi
pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat
membeli produk dari produsen dengan cara menukar uang atau barter
2. Fungsi
distribusi fisik
Distribusi fisik suatu produk
dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Penyimpanan produk
menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
3. Fungsi perantara
Untuk menyampaikan produk ke
konsumen dapat dilakukan melalui perantara.
Hal yang perlu diperhatikan dalam pemasaran
·
Dari sudut pandang produsen :
1. Tempat
yang strategis (place)
2. Produk
yang bermutu (product)
3. Harga
yang kompetitif (price)
4. Promosi
yang gencar (promotion)
·
Dari sudut pandang konsumen :
1. Kebutuhan
dan keinginan konsumen (customer needs and wants)
2. Biaya
konsumen (cost to the customer)
3. Kenyamanan
(convenience), dan
4. Komunikasi
(communication)
sumber :
New Orleans Casino - JSH Hub
BalasHapusNew Orleans Casino features over 200 table games, including blackjack, roulette, craps, and 김제 출장샵 video poker. 서울특별 출장안마 Each 김제 출장샵 table is made of 2,200 sq 충청남도 출장안마 ft. of gaming 경상남도 출장마사지