Halaman

Kamis, 26 September 2013

Dasar-Dasar Pemasaran / Marketing

Pengertian marketing / pemasaran

Hal utama  yang menjadi dasar pemasaran bagi perusahaan adalah karena produk yang dihasilkan tidak bisa mencari konsumennya sendiri.

Jadi pengertian pemasaran adalah dimana pihak perusahaan membuat suatu produk    yang bertujuan memenuhi kebutuhan konsumen dengan cara mempromosikan produk yang telah dibuat dan pihak perusahaan telah menentukan harga dan bagaimana cara pendistribusian produk akan dilaksanakan.

Strategi pemasaran

Istilah strategi pemasaran dapat dirumuskan sebagai suatu tindakan penyesuaian untuk mengadakan reaksi terhadap situasi lingkungan tertentu (baru dan khas) yang dianggap penting, tindakan tersebut dilakukan secara sabar dan berdasarkan pertimbangan yang wajar

Perencanaan strategi pemasaran terdiri dari :
a.       Pembagian wewewang kerja beserta tanggung jawab masing-masing
Berkatian dengan siapa yang merencanakan dan siapa yang melaksanakan
b.      Lokasi kegiatan
Berkaitan dengan dimana jenis usaha atau bidang usaha dilaksanakan
c.       Waktu
- Berkaitan dengan unsur kapan dalam penentuan suatu kebijakan
d.      Pelaksanaan tindakan yang terperinci
- Berkaitan dengan bagaimana penjabaran dari tindakan yang akan dilaksanakan

Konsep Strategi Pemasaran
1.     Product, yaitu bagaimana karakteristik dan ciri suatu produk ditetapkan.
2.     Promotion, yaitu bagaimana koordinasi cara promosi digunakan.
3.     Price, yaitu bagaimana kebijaksanaan penetapan harga yang telah diputuskan.
4.     Place, yaitu bagaimana cara pendistribusian produk dilaksanakan.

Cara pendekatan strategi pemasaran
1.       Pendekatan strategi pemasaran yang berhubungan dengan faktor eksternal yang sangat bergantung pada penekanannya
·         Penekanan pada faktor konsumen
·         Penekanan pada struktur persaingan
·         Penekanan pada situasi pasar
2.       Pendekatan strategi pemasaran yang berhubungan dengan tujuan perusahaan. Hal ini dapat dicapai dengan penekanan biaya atau memperbesar hasil penjualan (omset).
·         Pendekatan pada penekanan biaya dapat dilakukan melalui 2 hal yaitu :
1.       Mencoba menggarapkan teknik produksi baru yang dapat menghemat biaya
2.       Menggabungkan beberapa segmen pasar
·         Pendekatan pada memperbesar hasil penjualan, dapat dilakukan dengan cara memperbesar volume penjualan sedangkan harga tidak berubah
3.       Pendekatan strategi pemasaran yang bersifat menyeluruh
Pendekatan daya tarik pasar atau posisi usaha merupakan penggabungan berbagai macam faktor didalam suatu kerangka pemikiran.
 

Fungsi pemasaran
1.       Fungsi pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen dengan cara menukar uang atau barter
2.       Fungsi distribusi fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Penyimpanan produk menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
3.        Fungsi perantara
Untuk menyampaikan produk ke konsumen dapat dilakukan melalui perantara.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemasaran
·           Dari sudut pandang produsen :
1.       Tempat yang strategis (place)
2.       Produk yang bermutu (product)
3.       Harga yang kompetitif (price)
4.       Promosi yang gencar (promotion)

·           Dari sudut pandang konsumen :
1.       Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants)
2.       Biaya konsumen (cost to the customer)
3.       Kenyamanan (convenience), dan
4.       Komunikasi (communication)


sumber :

1 komentar:

  1. New Orleans Casino - JSH Hub
    New Orleans Casino features over 200 table games, including blackjack, roulette, craps, and 김제 출장샵 video poker. 서울특별 출장안마 Each 김제 출장샵 table is made of 2,200 sq 충청남도 출장안마 ft. of gaming 경상남도 출장마사지

    BalasHapus