PT WINGS FOOD
HISTORY
SEJARAH SINGKAT PERUSAHAAN
Wings
corporation didirikan pada tahun 1948 di Surabaya, Indonesia. Selama lima puluh
terakhir perusahaan ini telah berkembang dari sebuah industri rumah kecil
menjadi pemimpin pasar yang memperkerjakan ribuan orang dengan pabrik berlokasi
di Jakarta dan Surabaya.
Tujuan
dari Wings Corporation adalah memproduksi produk-produk kualitas Internasional
dengan harga ekonomis. Produksi pertama adalah dengan pembuatan sabun cuci
hijau buatan tangan. Dengan produk ini, Wings berhasil menembus pasar
kompetitif pada akhir tahun 1940-an.
Setelah
itu Wings memperkenalkan produk baru yaitu krim deterjen dan produk pembersih
lainnya dan saluran distribusi yang didirikan di seluruh Indonesia. Beberapa
dekade berikutnya melihat Wings terus memperluas lini produk untuk berbagai
rumah tangga dan produk perawatan pribadi.
Wings juga
memperluas jaringan distribusi selama periode ini, ke titik di mana produk yang
tersedia di hampir setiap kota dan desa di setiap provinsi negara itu, situasi
yang ada sampai hari ini. Wings saat ini memproduksi dan menjual ratusan SKU
rumah tangga dan produk perawatan pribadi, dan baru-baru memperluas lini
produknya termasuk minuman dan mie instan.
Hari ini,
Wings diakui sebagai produsen lokal terkemuka dan distributor rumah tangga dan
produk perawatan pribadi. Menjadi sebuah kelompok bisnis yang dinamis dan
beragam, Wings masih didedikasikan untuk visi awal perusahaan konsumen dengan
menyediakan rumah tangga dan produk perawatan pribadi kualitas tanpa kompromi.
PERKEMBANGAN
PERUSAHAAN
Agar bisa
menjadi pemain global, Grup Wings harus terus meluaskan pasarnya ke
negara yang penduduknya banyak seperti Amerika Latin, India dan Cina. Juga,
membangun merek dan tim pemasaran yang hebat di luar negeri.
Di
industri toiletris Tanah Air, ada tiga pemain besar yang merangsek dan
menguasai pasar: Unilever, Procter & Gamble (P&G), dan Wings. Pemain
yang disebut pertama dan kedua adalah perusahaan multinasional. Pemain ketiga
adalah pemain lokal yang mampu bertengger di puncak dan menandingi raksasa
toiletris dunia. Dengan bendera PT Sayap Mas Utama, PT Wings Surya dan PT
Lioninda Jaya, puluhan produk keluaran kelompok usaha yang bermarkas di Kota
Buaya ini, sudah sangat familier di tengah masyarakat. Sebut saja detergen
Wings, Giv, Nuvo, Ciptadent, Kodomo, Mama Lemon, So Klin, Daia, Smile Up, dan
masih banyak lagi produk toiletris lainnya.
Hampir
semua produk toiletris Wings menempel ketat produk sejenis milik raksasa
Unilever. Sekadar menyebut contoh: Nuvo dengan Lifebuoy, So Klin dengan Rinso,
So Klin Pewangi dengan Molto, Sunlight dengan Mama Lemon. Di mata Handito
Joewono, Chief Strategy Consultant Arrbey, produk toiletris Wings
memang terbukti memiliki posisi yang cukup kuat di pasar. Wings cukup mampu
menghadapi pemain asing seperti Unilever. “Menjadi nomor satu atau dua,”
ungkapnya.
Kedigdayaan
Wings tak hanya di ranah toiletris yang mampu membuat raksasa toiletris dunia
Unilever ketar-ketir. Di industri makanan pun, raksasa Indofood dibuat kalang
kabut dengan kehadiran Mie Sedaap yang diluncurkan Wings pada April 2003. Hanya
dalam tempo setahun, Mie Sedaap berhasil “mencuri” 12% pangsa pasar Indofood.
Meski tidak ada data angka, pertumbuhan Mie Sedaap terus melejit. Hal ini
terlihat dari penambahan mesin dan kapasitas produksi di dua pabrik Gresik dan
Bekasi. Tak pelak, Indofood yang selama ini melenggang sendirian tertohok dan
secara agresif langsung meluncurkan tiga merek tandingan: Mie Sayaaap, Sarimi
dan SuperMi Sedaaap. Selain merangsek pasar dengan Mie Sedaap, Grup Wings
juga membombardir pasar dengan produk minuman Jas-Jus dan Ale-Ale. Kedua produk
ini terlihat cukup mengkilap di pasar.
Tak hanya
berjaya di bisnis toiletris dan makanan. Kelompok usaha yang dibangun oleh duet
Johanes Ferdinand Katuari dan Harjo Sutanto pada 1948 ini telah menggurita ke
berbagai sektor. Kelapa sawit, perbankan, bahan bangunan, kimia, dan properti
pun dirambahnya. Di bisnis properti, Grup Wings memiliki sejumlah proyek
perumahan prestisius, sebut saja Raffles Hill di Cibubur yang diambil alih dari
PT Gunung Subur Sentosa karena kesulitan likuiditas saat krismon 1998. Di
Surabaya, Grup Wings membangun perumahan Nirwana Executive, Palem Indah, dan
Palem Indah Permai.
Properti
ritel komersial juga dilirik. Bergandengan dengan raksasa rokok Grup Djarum,
mereka membesut Pulau Gadung Trade Center lewat bendera PT Nagaraja Lestari.
Tak hanya di proyek tersebut kolaborasi dua raksasa itu, kabarnya di proyek
Superblok Grand Indonesia Jakarta pun, Grup Wings punya andil cukup besar.
Boleh jadi kolaborasi ini dipicu karena mereka menjalin hubungan besan. Masih
di bisnis properti, Grup Wings juga mengibarkan Apartemen Patra Maisonette di
Jakarta.
Di bisnis
bahan bangunan, Grup Wings mengembangkan keramik lantai dengan merek Milan
(Milan Ceramics) sejak tahun 1989. Selain memproduksi Milan, di bawah PT
Adyabuana Persada juga mengembangkan merek Hercules. Selain itu, bergandengan
dengan Siam Cement (Thailand) sejak 1997 Grup Wings masuk ke bisnis papan
gipsum dan plester gipsum. Menggunakan bendera PT Siam-Indo Gypsum Industry,
merek yang dikembangkan adalah Elephant. Masih bermitra dengan Siam Cement,
lewat PT Siam-Indo Concrete Product, Wings memproduksi bahan semen fiber untuk
pengatapan. Selain itu, Wings pun merambah bisnis genteng
keramik clay dengan merek M-Class.
Di sektor
keuangan, Grup Wings masuk ke bisnis sekuritas dengan mengakuisisi PT UOB Kay
Hian Securities pada 1994. Tahun 2001, Wings kembali mengibarkan perusahaan
sekuritas dengan bendera Ekokapital Sekuritas. Di sektor keuangan, Wings juga
mengibarkan Bank Ekonomi. Tahun lalu, 98,96% saham Bank Ekonomi dijual ke HSBC
dengan nilai sekitar Rp 7 triliun.
Dengan
gurita bisnis tersebut, diperkirakan total kekayaan Grup Wings mencapai
Rp 13 triliun. Dan, sejak 2006, keluarga Katuari sudah masuk 10 besar
pengusaha terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Menurut Handito,
meski masuk ke berbagai ranah bisnis, Grup Wings masih akan fokus pada dua
bisnis utamanya: toiletris dan makanan.“Mereka memiliki komitmen yang sangat
besar dalam membesarkan kedua bisnis tersebut. Dan hasilnya cukup terlihat, di
mana Wings cukup mampu menghadapi pemain-pemain asing seperti Unilever,”
Handito menegaskan. Menurut Handito, penting
bagi Grup Wings terus memperhatikan dua pilar yang telah
melambungkan perusahaan yang berawal dari home industry menjadi
raksasa bisnis ini. Grup Wings tidak boleh kehilangan konsentrasinya dalam
mengembangkan dua pilar bisnis yang memiliki banyak
ragam jenisproduk. “Bagaimanapun Wings adalah salah satu raja toiletris
dan calon raja makanan,” ungkapnya.
Dalam
pengamatannya, saat ini posisi produk makanan Wings memang belum
sebesar produk toiletrisnya. Bukan berarti, Wings tidak mampu membesarkan
usaha makanannya itu. Ia melihat dalam lima tahun terakhir ini Wings
memang terlihat berusaha membesarkan usaha makanannya hingga mampu menjadi
ancaman bagi para pesaing yang telah ada sebelumnya. Lihat saja
gebrakannya lewat Mie Sedaap yang membuat Indofood kebakaran jenggot karena
pangsa pasar Indomie tergerus.
Senada
Handito, pengamat pemasaran Yadi Budhisetiawan dari ForceOne juga
menilai keunggulan Grup Wings memang pada bisnis fast moving consumer
goods (FMCG) yang menjadi bisnis inti Grup Wings. Ia
menilai pertumbuhan grup ini sangat fenomenal. “Pertumbuhannya bisa sampai
20% per tahun. Itu sangat fenomenal karena jika dihitung inflasi saja 6%,
bisa tiga kali lipat dari inflasi,” ujarnya.
Ia melihat
ada tiga faktor yang melatarbelakangi kesuksesan di bidang ini. Pertama, Wings
menghasilkan produk yang terjangkau masyarakat luas. Kedua, kuat dalam jaringan
distribusi sehingga ketika meluncurkan produk baru lebih mudah dengan
dukungan distribusi yang luas dan dalam. Ketiga, menguasai industri oleochemical
sehingga industri toiletris bisa dikuasai.
Kekuatan
Grup Wings di bisnis toiletris karena menguasai juga bisnis hulunya.
Wings memang sangat visioner dan mempunyai konsep yang jelas dalam
mengarap industri. Pola ekspansi Grup Wings biasanya dengan lebih dulu
menguasai industri hulu sebelum menggarap hilirnya. Nah, di industri hulu yang
menjadi kekuatannya, Grup Wings menjadi produsen alkylbenzene – bahan
baku utama detergen – terbesar di Asia Pasifik lewat PT Unggul Indah Cahaya.
Dengan kapasitas terpasang lebih dari 200 ribu metrik ton per tahun, perusahaan
ini memasok Wings dan sejumlah produsen lokal, serta melempar ke negara ASEAN,
Eropa, Amerika Serikat dan Australia.
Masih di
industri hulu, Grup Wings bergandengan dengan Grup Djarum dan Grup Lautan Luas
membeli Ecogreen Oleochemical dari Grup Salim. Ecogreen adalah
produsenoleochemical terbesar di dunia dengan kapasitas produksi lebih
dari 100 ribu metrik ton per tahun. Oleochemical adalah bahan baku
industri perawatan tubuh, sabun, detergen, makanan, plastik, farmasi, dan
berbagai industri lain. Produksi Ecogreen, 95% diekspor dengan pasar utama
negara Asia (50%) seperti Jepang, Cina dan Korea; Eropa (20%); dan AS (20%).
Sejatinya,
tak hanya produk Ecogreen yang diekspor. Produk toiletris dan makanan juga
mendapat respons cukup bagus di pasar mancanegara. Menurut pengamatan Yadi,
produk toiletris Grup Wings sampai ke pasar Afrika. Ia mengatakan, untuk
pasar global memang Grup Wings belum bisa disejajarkan dengan pemain
seperti Unilever karena masih tumbuh di pasar negara developing dan underdeveloping.
Namun, untuk masuk ke pasar negara berkembang ini upaya Wings
dengan penetrasi produk detergennya cukup brilian karena masuk dengan
ukuran kecil, ½ kg dan 1 kg. Bandingkan dengan produsen asal AS atau
Eropa yang mengemas produk detergennya berukuran 3-5 kg.
Untuk bisa
menjadi pemain global dan bisa disejajarkan dengan perusahaan sekelas
Unilever, Yadi menyarankan agar Grup Wings terus
meluaskan pasarnya ke negara berkembang yang jumlah penduduknya banyak
seperti Amerika latin, India, termasuk ke Cina. Sementara Handito menyarankan
agar Grup Wings membangun merek dan tim pemasaran di luar
negeri untuk lebih bisa menggarap pasar luar. Ia menandaskan, jaringan
distribusi ke luar negeri perlu diperkuat. “Saya harapkan Grup
Wings bisa jadi seperti P&G-nya Indonesia,” katanya.
Menurut
A.B. Susanto, Managing Partner The Jakarta Consultant Group, kelompok
usaha yang sekarang dimotori generasi kedua Katuari ini sudah menunjukkan
eksistensinya di pasar regional. “Beberapa produknya diekspor ke beberapa
negara,” imbuhnya. Untuk menjadi pemain global, menurutnya, harus
mempunyai visi yang diikuti dengan perencanaan strategi perusahaan yang
bagus. Dari rekam jejak perjalanan Grup Wings, kelompok usaha ini
dijalankan dengan visi dan konsep yang jelas.
Menurut
Yadi, Grup Wings yang tumbuh dari bisnis keluarga ini unik sekali karena
melibatkan semua keluarga, sampai om, tante,
dan keponakan pun dilibatkan. “Mereka bisa kompak bekerja menumbuhkan
perusahaan,” katanya. Berbagai kalangan memang menilai meski perusahaan
keluarga, Wings sangat solid. Meski menguasai kepemilikan, di beberapa
perusahaan keluarga Katuari tak selalu menjadi pucuk pimpinan. Sejauh ini
Handito menilai, keluarga Katuari men-treat bisnisnya dengan profesional.
Mereka juga banyak menggunakan tenaga profesional di perusahaan. “Dan hasilnya
terlihat dari pencapaian mereka sejauh ini,” ujarnya.
STUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN
Yang dimaksud dengan struktur organisasi adalah suatu susunan dengan
hubungan antar bagian dalam organisasi maka para karyawan dapat mengetahui
dengan jelas tugas, wewenang, dan tanggung jawab mereka sehingga dapat terjalin
kerjasama yang efektif dan efisien untuk mencapai tugas perusahaan.
Keterangan di bawah ini merupakan tugas dari struktur organisasi Wings :
1.Pemasaran dan sales penjualan
·
Mengidentifikasikan target pasar dan pesaing
potensial, mengidentifikasikan kebutuhan pelanggan.
·
Pengembangan produk terintegrasi strategis untuk
setiap merek dan menciptakan identifikasi merek.
·
Menganalisis tren pasar dan menyiapkan srategi
pemasaran yang tepat untuk target pasar, menjual produk Wings.
·
Mampu mengembangkan dan mempertahankan hubungan baik
dengan pelanggan, membantu pelanggan dalan pemasaran produk.
·
Mengidentifikasaikan peluang usaha dan berkomunikasi
kepada pelanggan.
·
Mengembangkan kerjasama dengan pelanggan sehingga
dapat memperluas bisnis dan menghasilkan keuntungan maksimal baik kepada
pelanggan dan perusahaan.
2. Produksi dan Enginering
Untuk bertanggung jawab dalam menjaga proses produksi
untuk mencapai target produksi dengan tetap berkonsentrasi pada kualitas
barang, peralatan, pemeliharaan, dan efesiensi penggunaan bahan baku.
3. Finance dan Accounting
·
Harus mengerti administrasi, akuntansi dan
konsep-konsep keuangan
·
Pengorganisasian AP & AR Pemantauan arus kas dan
pengoptimalkan keuntungan jangka panjang
·
Menganalisis data akuntansi, mengidentifikasi masalah
dan merencanakan perbaikan sistem
·
Bekerja sama dengan penjualan, pemasaran dan logistik
Departemen, serta departemen lain
4. Logistik
·
Melibatkan Purchasing, Supply Chain Management, dan
distribusi departemen
·
Memahami pembelian dan memilih mengevaluasi pemasok,
memelihara hubungan dengan pemasok sehingga dapat meningkatkan kelancaran dan
efisiensi perusahaan
·
Pemahaman yyang jelas tentang konsep manajemen lantai
suplay dan teknik, mampu berfikir strategis dan taktis
·
Tingkat tinggi pemecahan masalah keterampilan dan
kemampuan komunikasi
5. Teknologi
Informasi
·
Mampu memiliki TI yang baik
·
Mampu tur jaringan dan berurusan dengan masalah yang
timbul dilapangan
·
Harus mengatur perangkat keras, memiliki pengetahuan
tentang pemprograman yang solid dan analisis sistem yang mampu memberikan
solusi untuk masalah
·
Mampu mengembangkan dan memelihara komunikasi canggih
dan sistem informasi juga mampu bekerja dengan departemen lain
6. Sumber Daya Manusia
·
Berkomitmen utuk pengembangan sumber daya manusia dan
organisasi sehingga dapat meningkan efisiensi dan produktivitas bisnis dan
nilai terus meningkat baik untuk perusahaan dan karyawan
·
Harus memiliki pemahaman mendalam dan penguasaan
sumber daya manusia, rekrutmen dan pelatihan strategi, serta kompensasi dan
tunjangan
7. Riset dan Pengembangan
·
Harus memiliki latar belakang yang solid dan
penguasaan kimia dan penelitiaan
·
Mampu mengembangkan produk yang ada sesuai dengan tren
pasar
·
Bertanggung jawab untuk memilih dan menerapkan standar
penerimaan bahan baku dan perencanaan proses yang efisien mampu memproduksi
barang berkualitas tinggi
·
Mampu merancang kemasan yang tepat sesuai dengan
fungsi
·
Berkolaborasi dengan pemasaran, produksi, logistik,
dan departemen lainnya
PRODUK
PRODUK-PRODUK PERUSAHAAN
Wings merupakan
perusahaan penghasil produk-produk rumah tangga dan pemeliharaan kesehatan diri
yang bermarkas di Surabaya, Indonesia dan
didirikan pada 1949. Perusahaan ini juga dibeli oleh Bank Ekonomi Raharja.
Sampai saat ini Wings telah memproduksi dan memasarkan lebih dari 40
produk. Dalam memasarkan produk-produk, perusahaan membagi dalam tiga divisi
yaitu:
1.
Wings Household (Wings Surya & Lion Wings)
Boom,
Daia, So Klin, So Klin Biomatic, So Klin Lantai, So Klin Pro, So Klin
Softergent, Pewangi So Klin, Softener So Klin, Softener So Klin Twilight
Sensation, Ekonomi, Wings Biru, Wings Putih, Wings Porcelain (WPC), Super Sol,
Mama Lemon (LION Japan), Mama Lime (LION Japan)
2.
Wings Care
(Wings Surya & Lion Wings)
Ciptadent,
Smile Up (LION Japan), Giv, Giv White Series, Fres & Natural, Nuv,
Botanical (LION Japan), Emeron Nutritive Shampoo (LION Japan), Emeron Lovely
(LION Japan), Kodomo (LION Japan), Zinc (LION Japan), Zinc Hair Stylish Gel
(LION Japan), Protex
3. Wings Food (Alam Segar)
Ale
Ale, Enerjos, MagiCola,Magic Berry, Magic Lemolime, Floridina, Ice Milk Jus,
Jas Jus, Bumbu, Instan Sedaap, Kecap Sedaap, Sambal Sedaap, Mie Sedaap, Mi Sedaap Box, Power F, Segar Dingin, Speed
Isotonik,Tea Jus, Teh Rio, Top Coffee
STRATEGI PEMASARAN DAN PENGENDALIAN MUTU
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan
kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan,
menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain, intinya, yaitu :
kebutuhan, keinginan dan permintaan,nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran,
transaksi dan hubungan, pasar dan pemasar. Tujuan pemasaran adalah
mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya
dan dapat terjual dengan sendirinya. Proses pemasaran terdiri dari analisa
peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang pemasaran,
merancang program pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi
usaha pemasaran.
Strategi pemasaran adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan
kompetitif yang berkelanjutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi
pemasaran adalah :
1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan
masyarakat
2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum,
teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Sedangkan strategi dan kiat pemasaran dari sudut pendangan penjual (4 P)
adalah tempat yang strategis (place), produk yang bermutu (product), harga yang
kompetitif (price) dan promosi yang gencar (promotion).
Sedangkan dari sudut pandang pelanggan (4 C) adalah kebutuhan dan keinginan
pelanggan (customer needs and wants), biaya pelanggan (cost to the customer),
kenyamanan (convenience) dan komunikasi (comunication). Tujuan akhir dan
konsep, kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (“total
Customer Statisfaction”)
Konsep Pemasaran
· Kebutuhan,Keinginan
dan Permintaan
Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan
permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak
memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau
pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia.
keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari
kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi
sosial.
Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan sesuatu
yang didukung dengan kemampuan.
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk
memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan. Pentingnya suatu produk fisik
bukan terletak pada kepelikannya tetapi pada jasa yang dapat diberikannya.
· Nilai,Biaya
dan Kepuasan
Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan
total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya. Setiap produk memiliki
kemampuan berbeda untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan akan
memilih produk mana yang akan memberi kepuasan total paling tinggi.
· Pertukaran,
Transaksi dan Hubungan
Kebutuhan dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran. Pemasaran timbul saat orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran.
Kebutuhan dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran. Pemasaran timbul saat orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran.
Pertukaran adalah salah satu cara mendapatkan suatu
produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai
gantinya. Pertukaran merupakan proses dan bukan kejadian sesaat. Masing-masing
pihak disebut berada dalam suatu pertukaran bila mereka berunding dan mengarah
pada suatu persetujuan. Jika persetujuan tercapai maka disebut transaksi.
Transaksi merupakan pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk kelancaran dari
transaksi, maka hubungan yang baik dan saling percaya antara pelanggan,
distributor, penyalur dan pemasok akan membangun suatu ikan ekonomi, teknis dan
sosial yang kuat dengan mitranya. Sehingga transaksi tidak perlu dinegosiasikan
setiap kali, tetapi sudah menjadi hal yang rutin. Hal ini dapat dicapai dengan
menjanjikan serta menyerahkan mutu produk, pelayanan dan harga yang wajar secara
kesinambungan.
· Pasar
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan penjual melakukan transaksi pada suatu produk.
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan penjual melakukan transaksi pada suatu produk.
· Pemasaran dan
Pemasar
Pemasaran adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasar adalah orang yang mencari sumberdaya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu. Konsep Pemasaran Berwawasan Produk
Pemasaran adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasar adalah orang yang mencari sumberdaya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu. Konsep Pemasaran Berwawasan Produk
Pelanggan akan memilih produk yang menawarkan mutu, kinerja terbaik dan
inovatif dalam hal ini memuaskan perhatian untuk membuat produk yang lebih baik
dan terus menyempurnakannya.
A. Konsep Pemasaran Berwawasan Menjual
Pelanggan dibiarkan saja, pelanggan tidak akan membeli
produk industri dalam jumlah cukup sehingga harus melakukan usaha penjualan dan
promosi yang agresif. Konsep ini beranggapan bahwa pelanggan enggan membeli dan
harus didorong supaya membeli.
Konsep Pemasaran Berwawasan Pemasaran
Kunci untuk mencapai tujuan industri terdiri dari penentuan kebutuhan dan
keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih
efektif dan efisien daripada saingannya. Konsep berwawasan pemasaran bersandar
pada empat pilar utama, yaitu :
1.pasar sasaran,
2. kebutuhan pelanggan,
3. pemasaran yang terkoordinir serta
4. Keuntungan.
Konsep ini telah dinyatakan dalam banyak cara :
• Memenuhi kebutuhan dengan menguntungkan
• Temukan keinginan dan penuhilah
• Cintailah pelanggan bukan produknya
• Dapatkanlah sesuai kesukaan anda
• Berusaha sekuat tenaga memberikan nilai, mutu dan kepuasan tertinggi bagi
uang pelanggan.
B. Konsep Pemasaran Berwawasan Bermasyarakat
Konsep ini beranggapan bahwa tugas industri adalah
menentukan kebutuhkan, keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhi
dengan lebih efektif serta lebih efisien daripada saingannya dengan cara
mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan pelanggan dan masyarakat. Konsep
pemasaran bermasyarakat meminta pemasar untuk menyeimbangkan tiga faktor dalam
menentukan kebijaksanaan pemasaran, yaitu :
1. keuntungan industri jangka pendek,
2. kepuasan pelanggan jangka panjang dan
3. kepentingan umum dalam pengambilan keputusan.
C. Kepuasan Pelanggan Sepenuhnya (Total Customer Satisfaction)
Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan kinerja (atau hasil) yang dirasakan dibandingkan dengan
harapannya. Jadi tingkat kepuasan adalah fungsi dari perbedaan antara kinerja
yang dirasakan dengan harapan.
Kepuasan pelanggan sepenuhnya dapat dibedakan pada tiga taraf, yaitu:
Kepuasan pelanggan sepenuhnya dapat dibedakan pada tiga taraf, yaitu:
1. Memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar pelanggan,
2. Memenuhi harapan pelanggan dengan cara yang dapat membuat mereka akan
kembali lagi.
3. Melakukan lebih daripada apa yang diharapkan pelanggan.
Dari ketiga taraf diatas, keberhasilan dapat dicapai apabila sudah
mencapai ketaraf 3, yaitu yang paling memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Setiap orang di Industri mempunyai pelanggan yang harus dipuaskannya. Ini
yang pertama-tama harus disadari setiap karyawan. Langkah pertama dalam usaha
memuaskan pelanggan adalah menentukan dan mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan
pelanggan.
SDM/CARA PENGREKRUTAN KARYAWAN
Formulir Aplikasi
Semua aplikasi harus melalui bagian aplikasi di website Wings. Beberapa
poin yang harus dipertimbangkan antara lain:
Ø Test Aptitude
Online
Jika aplikasi Anda berhasil Anda akan diminta untuk menyelesaikan test
Aptitude untuk bisa melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya.
Alokasikan 1 jam bagi Anda untuk menyelesaikan tes tersebut.
Ø Assessmen oleh
Manager Fungsional
Jika Anda berhasil melewati Aptitude test, Anda akan diundang ke kantor
kami untuk di evaluasi secara langsung oleh Manajer Fungsional kami.
Ø Assessment
Center
Ini merupakan langkah akhir dari evaluasi
Satu hari kegiatan ini akan termasuk :
Diskusi kelompok
Presentasi
Wawancara mendalam
Beberapa dari kegiatan ini didesain sesuai dengan studi kasus bisnis
terkait yang memungkinkan kami melihat potensi Anda sekaligus memberikan
gambaran bagaimana bekerja di Wings.
Meskipun studi kasusnya terkait dengan isu bisnis, namun Anda tidak harus
memiliki pengetahun bisnis yang komprehensif untuk bisa menyelesaikannya, Anda
harus bisa menggunakan kemampuan berfikir secara logis dan lateral, gunakan
pengalaman Anda dan kemampuan interpersonal.
Sumber
:
bacaan bermanfaat banged, terima kasih
BalasHapusTerima kasih penjelasannya. Sangat rinc menurut saya. Sangat bermanfaat
BalasHapusKalau tidak jeberatan silahkan mampir di blog saya.
sipengamatkehidupan.blogspot.com
saya ingin jd distributor resmi dr wing bagai mana caranya dan syarat nya apa kemna sya harus hubungi
BalasHapusSaya ingin menjual singkong kegroup wingsfood apakah apakah bisa???hub 081388522118
BalasHapusdear admin,
BalasHapusperkenalkan saya Yohanes suparmin
domisili di Denpasar,Bali
saya bermaksud menhajukan penawaran biji kopi kering Arabika Ba Java dari Flores/ Manggarai kwalitas ekspor (green).
saat ini tersedia stok 5 ton di Denpasar, dan akapasitas hingga 20 ton per tahun,
jika berkenan saya menawarkan dengan harga IDR 57.500/ kg untuk franco Denpasar.
jika serius saya bersedia mengirimkan sampel ke alamat anda.
demikian disampaikan atas perhatiannya diucapkan terima kasih
yohanes
081225294687
saya ingin jd distributor resmi dr wing bagai mana caranya dan syarat nya apa kemna sya harus hubungi, 082 33800 2777/ Andri
BalasHapusSaya pelaku coin laundry B'clean. Ada beberapa cabang di jakarta dan ada plan buka cabang di indonesia timur, selama ini memakai detergent so klin cair, tapi harga selalu tidak stabil. Tolong bagian pemasaran hubungi saya, Roberth Purwanto HP: 08124400021 Thanks before.
BalasHapusSy ingin menawarkan bahan baku lemon lokal, bisa hubungi 082325205299 Tubagus Malang.
BalasHapusbang bisa berbagi tentang cara buat merek wings food.?
BalasHapusdear admin,
BalasHapussaya Lely dari NTT (Atambua) ingin menjadi distributor produk Wings , gmn caranya, Terimakasih
regards..
Dear admin,
BalasHapusJika membutuhkan spg reguler, event,MD,motoris,sales, dll bisa hubungi perusahaan agency tempat saya bekerja, cover 10 kota besar di indonesia.0812-8762-6716 mican.terimakasih
Pak saya mau jadi agen fistributor resmi pt. Wings bagaimana caranya tlg. Hub. Saya di. 087884802023
BalasHapusPak. Kalo order product2 wings cara ny bagimna pak. Mohon info ny hub 085774961747 tq
BalasHapusWarehouse Racking System
BalasHapus-Jeffri 081210753269-
Pak klo mau jadi distributor resmi dari wings bagaimana ya.... tlp saya 081327522830
BalasHapusBagaimana menjadi distributor produk wings tolong dong di share nomor kontak yang bisa di hubungi atau hubungi saya
BalasHapus081287985281
Malam bapak,saya ingin order produck wings unk dijual lgi bgmn caranya?
BalasHapusMhn infonya.
Atau hub sy 085850011850
BalasHapusKepada Yth : Bapak/ Ibu
Dear Customer
Purchasing and Import Departement
Dengan Hormat,
Perkenalkan kami dari PT.SEMPURNA JAYA GEMILANG INDONESIA mengajukan penawaran jasa kerjasama importasi dalam hal pengurusan pengeluaran barang Import di Kepabeanan baik via pelabuhan Tanjung Priok maupun Bandara Sukarno Hatta.
Hendling kami adalah Sbb :
I. IMPORT & EXSPORT
-- Sea and Air Freight
-- Customs Clearance Services
-- Door to Door
-- Undername Consignee
-- Borongan
-- PPJK Edi System --( Asuransi Import atau Exsport )
II. DOMESTICS VIA LAUT
-- Kapal--RORO--LCT--CARGO--DII
III. VIA DARAT TRUCKING
-- TRONTON-TREILER-LOBET-KUMETO-DOLY-FUSO-CDD-WINKBOK
VI. UNTUK KUOTA BARANG BEKAS
-- CRANE MOBIL - CRANE,EXCAVATOR PILING DRIVES
Demikian penawaran ini kami ajukan kepada Perusahaan Bapak/Ibu pimpin semoga terjalin kerjasama dengan baik untuk yang akan datang,atas perhatiaannya kami ucapkan terima kasih.
Thank
Bambang
Hp.+6281213344936
PT.SEMPURNA JAYA GEMILANG INDONESIA
PPJK Customs Clearance-Service Door to Door- Undername Domestics Trucking Cdd dll.
Office : Jl.Radin Inten lantai II No.85E Lt.2 Duren Sawit Jakarta Timur POS-13440
Phone +6221 2284 6522
Fax +6221 2284 6669
Wa +6282122146994
Selamat pagi pa, saya ingin order produk wings mau dijual lagi, apakah bisa? Mohon infonya pa. Wa.081338788670
BalasHapusSlamat siang..klo mau order gimana ya?apakah ada minimal order baru dikirim.tolong konfirmasinya ya ..sy mau ambil soklin lantai..soklin cair liquid sm mama lemon bolehkah perkarton saja?wa saya 081291535957 atau 085776185769.tq
BalasHapusPagi bpk/ibu
BalasHapusGimana cara pesan MieSedap dengan partai besar untuk daerah PATI JATENG?
Minta nomor saeles nya pak, daerah tebet?""
BalasHapusPak. Kalo order product2 wings cara ny bagimna pak. Mohon info ny hub 081383354450 tq
BalasHapusPak. Kalo order product2 wings cara ny bagimna pak. Mohon info ny hub 081383354450 tq
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMinta maaf, jika kami ingin order product2 wings syarat dan caranya bagaimana. Mohon informasinya 08577 277 6200,Saya di daerah Cikarang - Bekasi. Terimakasih
BalasHapusMaaf saya mau order produk pt smu.gmana cara nya .atw tolong info no hp sales wilayah sukabumi.info ke 081310333351
BalasHapusAssallamuallaikum
BalasHapusUntuk PT. Sayap Mas Utama
Jika membutuhkan jasa EO untuk acara-acara event wings boleh hubungi saya pak
081779999101
Terima kasih
Wassallam
LAYANAN JASA NON LITIGASI.
BalasHapusHUB: 085333070765.
Jasa paralegal juga memberikan jasa riset di bidang hukum,legal drafting dan legal review dalam mempersiapkan kontrak bisnis atau perjanjian.
BalasHapusTeam kami berkomitmen membantu anda untuk mencapai kepuasan klien
Hub: 085333070765.
LAYANAN JASA NON LITIGASI.
BalasHapusHUB: 085333070765.
Saya membutuh kan produk2 wings detergen
BalasHapusBagaimana cara order barang nya segera hubungi no.hp 081258544285,trimakasih sebelum nya
Saya membutuh kan produk2 wings detergen
BalasHapusBagaimana cara order barang nya segera hubungi no.hp 081258544285,trimakasih sebelum nya
Maaf pak saya mau minta nomor distributor daerah sukabumi
BalasHapusMaaf pak saya mau menjadi distributor PT Wings bagaimana caranya mohon petunjuknya🙏🙏🙏 tolong hub kami ke 085236448884
BalasHapusSaya ingin jadi distributor PT WINGS bagaimana caranya dan apa syaratnya,,untuk daerah banda aceh
BalasHapusSaya ingin beli produk PT WINGS bagaimana caranya
BalasHapusMinta no hp sales wings area jakarta utara
BalasHapusSelamat Malam
BalasHapusSaya tertarik untuk menjadi distributor produk WingsFood untuk daerah kab. Bogor. Mohon info & prosedurnya melalui;
email:bimatriyoga18@gmail.com
Telpon: 0812-85855160
Terima kasih
Saya butuh produk wings untuk daerah tangerang selatan
BalasHapusSaya butuh produk dari wings food untuk daerah tangerang selatan ini no hp saya 081318310314
BalasHapusThe Best Casino Sites in North America
BalasHapusThe best casino 강원 랜드 후기 sites for North America include Las Atlantis, Superloto and Slots365. 야동 사이트 순위 In other words, the biggest names 강원랜드 in netteller the gambling industry 토토 사이트 제작 are